Pengenalan Baterai part 2 (Permasalahan baterai)

Secara umum permasalahan baterai dibagi dalam empat kategori, adapun kategorinya adalah sebagai berikut :
  1. Kapasitas menurun
  2. Meningkatnya tahanan internal
  3. Meningkatnya self-discharge
  4. Tegangan cut-off prematur
Kapasitas Menurun
Jumlah pengisian baterai dapat terus berkurang secara bertahap karena penggunaan, umur, dan beberapa factor kimia, kurang perawatan. Penyimpanan energy dalam baterai dapat dibagi menjadi tiga.
  1. Energi yang tersedia
  2. Zona kosong yang dapat diisi ulang
  3. Kandungan batu yang tidak bisa digunakan
Meningkatknya tahanan internal
  • Tahanan internal menentukan kinerja dan runtime baterai
  • Tahanan internal yang tinggi bisa membatasi aliran energy dari baterai peralatan.

Karakteristik standart baterai
Perbandingan karakteristik-karakteristik capacity baterai dengan resistansi internal dan juga self-discharge nya.
  • Karakteristik standart baterai cell NiCd
  • Karakteristik standart baterai cell NiCd dengan kapasitas sel ultra-high
  • Karakteristik baterai cell NiMH
  • Karakteristik baterai cell Lithium Ion
Dari beberapa grafik yang ditampilkan khusus untuk problem tahanan internal baterai, baterai dengan cell lithium-ion mempunyai kelebihan dibandingkan dengan cell type NiCd dan NiMH, penurunan kapasitas yang sedikit dan peningkatan tahanan internal tidak terlalu signifikan.

Meningkatnya self-discharge
Meningkatnya self-discharge dikarenakan baterai berumur, adanya Kristal yang membatu didalam baterai

Tegangan Cut-off prematur
Tegangan cut-off yang prematur adalah salah satu penyebab baterai berumur pendek.

Sumber :
  • Battery Management Systems for Large Lithium-Ion Battery Packs, Davide Andrea
  • Battery Management System For Electric Vehicle Applications, Rui Hu, University of Windsor
  • Batteries in a Portable World, second edition, Isidor Buchmann, Cadex electronics Inc.
  • Handbook Of Batteries, David Linden, Thomas B. Reddy, McGraw-Hill
  • University of Cambridge, https://www.doitpoms.ac.uk/tlplib/batteries/index.php
  • University of Calirfornia, https://chem.libretexts.org/Core/Analytical_Chemistry/Electrochemistry/Case_Studies
  • Battery University, http://batteryuniversity.com/learn/

Ditulis Oleh : Samada-angi

Pengenalan tentang Baterai part 1 (Pengatar baterai, metode charging & discharging, type baterai)

Pengantar Baterai Baterai adalah perangkat yang mengubah energy kimia yang mengandung bahan aktif didalamnya langsung ke energi listrik dengan cara reaksi-oksidasi (oksidasi-reduksi). Baterai terdiri dari sell elektrokimia yang paling kecil yang digunakan untuk menyimpan dan membangkitkan listrik. Meskipun berbagai sel elektrokimia ada, baterai umumnya terdiri dari setidaknya satu voltaic cell. 

Voltaic cell juga kadang disebut sebagai Galvanic cell. Reaksi kimia dan pembangkitan energi listrik bersifat spontan dalam Voltaic cell, berlawanan dengan reaksi electrolytic cells dan fuell cell. Voltaic cell terdiri dari reaksi sel two-half (reduksi-oksidasi) yang dihubungkan bersama melalui membran semipermeabel (umumnya dalam wadah yang berisi garam) dan kawat. 

Voltaic cell juga adalah komponen yang menghasilkan arus listrik dari energy yang dilepaskan oleh reaksi spontan (reduksi-oxidase) pada sel two-half Reaksi reduksi terjadi di katoda dan reaksi oksidasi terjadi di anoda. 

Poin utama dalam voltaic cell adalah : 
a. Oksidasi menggambarkan hilangnya elektron dengan molekul, atom, atau ion. 
b. Reduksi menggambarkan bertambahnya elektron dengan molekul, atom, atau ion. 
c. Elektron selalu mengalir dari anoda ke katoda. 
d. Half-cell dihubungkan oleh jembatan garam yang memungkinkan ion dalam larutan bergerak dari satu setengah sel ke sel lainnya, sehingga reaksinya bisa berlanjut. 

Syarat utama dalam voltaic cell adalah : 
a. Redoks : Reaksi kimia reversibel dimana satu reaksi merupakan oksidasi dan sebaliknya adalah reduksi. 
b. Half-cell: Salah satu dari dua bagian sel elektrokimia yang mengandung elektroda dan elektrolit. 
c. Voltaic cell: Sebuah sel, seperti di dalam baterai, di mana reaksi kimia irreversible yang menghasilkan listrik. 

Type Baterai Primary 
Kekurangan : 
a. Tidak bisa diisi ulang 
b. Berisi “Sel Kering (Dry Cell)” 
c. Reaksi kimia tidak mudah 
d. Kapasitas & tegangan awal tinggi 
e. Hanya bisa digunakan sekali 

Kelebihan : Murah, Nyaman, Ringan, High density 

Type Baterai Secondary 
Kekurangan : 
a. Low energy density 
b. High initial costs 

Kelebihan : 
a. High power density 
b. High discharge rate 
c. Performa suhu rendah yang baik 

Klasifikasi cell Baterai Reserve 
a. Untuk menghasilkan daya tinggi dalam periode waktu yang relatif singkat 
b. Contoh diaplikasi dalam rudal, torpedo, dan sistem senjata lainnya. 

Fuel Cell 
Menggunakan asupan bahan bakar yang dapat terus-menerus dialirkan ke dalam fuel cell, sehingga fuel cell dapat terus beroperasi selama ada suplai bahan bakar (H2, O2, etanol, metanol). 

Operasi cell Discharger 
Elektron mengalir dari anoda, yang teroksidasi, melalui muatan eksternal ke katoda, di mana elektron diterima dan bahan katoda berkurang. 

Charger 
Arus mengalir terbalik, oksidasi terjadi pada elektroda positif dan reduksi pada elektrode negative.

Metode Charge 
a. Slow-charger, metode charger normal 
b. Quick charger, Charger dengan waktu 3-6 jam 
c. Fast charger, Lebih menguntungkan dari pada metode slow dan quick 

Metode DisCharge 
a. C-rate adalah Charge & discharge sebuah baterai diukur dalam tingkat C 
 b. Pulse discharge adalah Range beban discharge dari yang rendah sampai stabil 
c. Depth of discharge adalah Discharge melebihi tegangan cut-off 
d. Discharge temperature tinggi & rendah adalah Mengoperasikan baterai dalam suhu rendah (-20°C/-4°F) dan tinggi (30°C/86°F) bisa memperpendek umur baterai 

Sumber :

  • Battery Management Systems for Large Lithium-Ion Battery Packs, Davide Andrea
  • Battery Management System For Electric Vehicle Applications, Rui Hu, University of Windsor
  • Batteries in a Portable World, second edition, Isidor Buchmann, Cadex electronics Inc.
  • Handbook Of Batteries, David Linden, Thomas B. Reddy, McGraw-Hill
  • University of Cambridge, https://www.doitpoms.ac.uk/tlplib/batteries/index.php
  • University of Calirfornia, https://chem.libretexts.org/Core/Analytical_Chemistry/Electrochemistry/Case_Studies
  • Battery University, http://batteryuniversity.com/learn/

Ditulis Oleh : Samada-angi

How to fix err-disabled di cisco catalyst 2960/2950

Ehm…..coba berbagi sedikit pengalaman yang saya punya, oke sebelum kita menuju ke permasalah ada baiknya kita mengathui dahulu apa sih ERR-DISABLED itu khususnya di catalyst cisco, Err-disable adalah fitur yang secara otomatis menonaktifkan port pada switch Cisco Catalyst dan didukung pada switch Catalyst yang menjalankan perangkat lunak Cisco IOS. Termasuk semua model berikut: Catalyst 2940 / 2950 / 2960 / 2960S Catalyst 3550 / 3560 / 3560-E / 3750 / 3750-E Catalyst 4000 / 4500 / 4507R Catalyst 6000 / 6500 

Fitur Err-disable dirancang untuk menginformasikan administrator ketika ada masalah kesalahan atau masalah pada port. Alasan switch katalis dapat terkena mode Err-disable dan shutdown port banyak, yaitu mencakup: Duplex Mismatch adalah suatu kondisi dimana dua perangkat yang terhubung beroperasi dalam mode duplex yang berbeda, yaitu, satu beroperasi di half duplex sedangkan yang lain beroperasi di full duplex. Loopback Error , Loopback (umpan balik), error ini muncul jika dalam jaringan terdapat looping, contoh penyebab loopingerror ini adalah jika adalah satu kabel keduang ujungnya ditancapkan dalam satu switch yang sama. (loop-back) Link Flapping (up/down) ,biasanya terjadi dalam routing OSPF (sumber

Port Security Violation, Unicast Flodding, Unicast adalah sebuah metode pengiriman data dimana data dikirimkan pada satu lokasi yang jelas , dan setiap lokasi yang menerima kemudian mengirimkan laporan penerimaan kepada pengirim. Flooding adalah pengiriman packet secara terus menerus ke sisi penerima tanpa berhenti sehingga data belum sempat diproses oleh device penerima muncul lagi packet yang baru, dan ini bisa menyebabkan device yang menerima menjadi hang, unicast flooding adalah pengiriman dan penerimaan packet secara terus menerus ke suatu sisi penerima sehingga menyebabkan sisi penerima kebanjiran packet, dan tidak sempat melakukan proses packet. (Sumber

UDLD Failure, Broadcast Storms, BPDU Guard Ketika suatu port terkena err-disabled, secara langsung port tersebut ditutup dan tidak akan bisa digunakan, kecuali di set kembali err-disablednya. ketika kita mencoba melihat status interface port yang ada, maka akan terlihat err-disabled, seperti terlihat pada gambar berikut : Err-disabled ini bisa membuat port-port yang ada pada catalyst tidak berfungsi, dan kita akan dipusingkan dengan harus memindah-mindahkan kabel ke port yang lain, dan tentu ini bisa membuat port-port catalyst yang kena err-disabled tidak bisa dipakai untuk sementara waktu (sebelum port yang kena err-disabled diperbaiki). 

Untuk mengetahui fitur apa saja yang kedisablde akibat adanya trouble dari sisi client, silakan ketikan perintah berikut sh errdisable detect, maka akan muncul seperti gambar berikut, yang ditandai warna hijau fitur itulah yang sebelumnya kedisable Oke langsung saja kita mulai saja share sedikit ilmu,…..

1. Perbaiki port yang kena err-disabled dengan langkah-langkah berikut, pertama masuk ke port yang statusnya kena err-disabled . seperti pada gambar diatas terlihat port-port yang terkena err-disabled yaitu port Fa0/9, 0/17, 0/19, 0/22, disini coba kita masuk ke port Fa0/9. 

2. Untuk port Fa 0/17, 0/19, 0/22, lakukan hal yang sama. 


3. Setelah diset semua, maka ketika di show interface status akan muncul seperti gambar berikut coba cek ketikan perintah sh interface status lagi coba cek errdisable recoverynya untuk melihat apakah fitur loopback dan psecure-violation sudah enable, fungsi dienablekan fitur ini untuk mempercepat recovery port yang kedisable. ketikan perintah sh errdisable recovery untuk mengeceknya Oke….terima kasih sudah membaca, selamat mencoba. 

Ditulis Oleh : Samada-angi
Sumber: firewall.cx 

Cara reset password root mysql di linux

Hm…..tidak terasa sudah hampir 30 menit depan si kompi nih, utek-utek mysql kok ga bisa-bisa login, waduh susah memang kalo sudah tua gini (ah….masa sih? padahal masih imut gini wak..ka.aka.k) cepat pikun jadinya, setelah searching-searching dalam waktu yang cukup lama, akhirnya ketemu juga caranya, hm…….akhirnya bisa deh masuh ke root mysqlnya…….(hore……hore…..)
Oke langsung aja deh, mungkin sebelum langsung mereset password mysqlnya ada baiknya lihat dulu problemnya, saya kasih screenshotnya aja dulu deh……. Seperti itulah gambaran kalo tidak bisa masuk ke root mysqlnya…….oke kita lanjut ke langkah mereset passwordnya. 1. Ketikan perintah mysqld_safe –skip-grant-tables & , perintah ini berfungsi untuk menghidupkan daemon mysql yang bisa login tanpa menggunakan password, berlaku untuk semua privileges.
2. Setelah daemon mysql tanpa login sudah running, maka selanjutnya ketikan perintah berikut untuk masuk ke dalam mysql, mysql -u root -p maka akan muncul layar yang sudah tidak meminta memasukan password lagi alias kita sudah bisa masuk ke mysql kita tanpa password.
mysql > use mysql; mysql > update user set password=PASSWORD(“ntaunahukeni”) where User=’root’; ganti “ntaunahukeni” dengan password root yang ingin diganti; mysql > flush privileges; mysql > quit 3. Setelah password disetting maka proses mysql distop agar konfigurasi mysql yang sudah dikonfigurasi bekerja.
4. Untuk melihat apakah perubahan yang kita lakukan bekerja apa tidak, coba jalankan kembali mysqlnya, /etc/init.d/mysqld start, kemudian coba masuk ke mysql dengan mengetikan perintah berikut mysql -u root -p, jika muncul Enter password (artinya diminta untuk memasukan password yang sudah dimasukan tadi) berarti konfigurasi kita telah berhasil.
5. Setelah login coba lihat database apa saja yang ada dalam mysql database kita dengan cara mengetikan perintah berikut ini mysql > show databases ;
Hm……sekarang sudah selesai deh, sekarang kita sudah bisa masuk/login ke mysql.
Ditulis Oleh : Samada-angi Sumber : kasamamori.staff.umm.ac.id

apt-get update, apt-get upgrade behind proxy di ubuntu

Hm…..nulis lagi bulan ini deh, lumayan buat nambah-nambahin isi blog. Punya masalah upgrade ataupun update ubuntu di jaringan yang ada proxynya? mungkin ga perlu ditanyakan lagi yach pastinya pernah ngalamin….khe..khe….. penampakannya kayak berikut ini deh pokoknya tengok yuk.
Berikut ini saya coba share sedikit konfigurasi untuk update dan upgrade behind proxy di ubuntu agar proses update dan upgradenya berhasil. Buat sebuah file di “vi /etc/apt/apt.conf” kemudian tuliskan script berikut ini, untuk ip address/domainnya sesuaikan dengan ip address/domain rekan-rekan.
Acquire::http:proxy “http://:8080/”===>> Ini untuk httpnya (jika tidak ada ftp/https) cukup pasang httpnya saja. Acquire::ftp:proxy “ftp://:8080/”===>> Ini untuk FTPnya Acquire::https:proxy “https://:8080/”===>> Ini untuk httpsnya Berikut ini adalah hasil setelah selesai script dimasukan, proses update dan upgrade berhasil dilakukan setelah script ditambahkan di /etc/apt/apt.conf.
Ditulis Oleh : Samada-angi Sumber : kasamamori.staff.umm.ac.id

Konfigurasi mode TRUNK antara HP Pro-Curve 2610 dan Catalyst-Cisco 2950/60

Oke…..jumpa lagi nih, baru buat tulisan lagi nih di blog, (dasar yach…malas banget jadi orang) tak apalah katanya pepatah kan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, khe..khe….tapi alangkah lebih bagusnya lagi lebih cepat daripada telat. Langsung aja deh ke topiknya, kali akan coba saya share cara konfigurasi untuk menghubungkan antara Switch managable berbeda vendor yaitu antar HP Pro-Curve 2610 dengan Cisco catalyst 2950/60, dengan client sebuah laptop dan sourcenya sebuah router mikrotik, dimana ip kita dapat dari router mikrotik. Disini kita akan coba melakukan konfigurasi VLAN antar switch Pro-Curve 2610 dan Cisco catalyst 2950/60, agar koneksi antara router mikrotik dengan laptop dapat terkoneksi dengan catatan antara kedua switch dihubungkan dengan metode VLAN. Untuk gambar topologi jaringan yang digunakan dalam percobaan kali ini adalah sebagai berikut
Konfigurasi-konfigurasi untuk masing-masing device adalah sebagai berikut : 1. HP Pro-Curve 2610 Berikut konfigurasi VLAN di switch HP Pro-Curve : vlan 20 name “Test-kasamamori VLAN “ untagged 10 —————————->>> port in dari router mikrotik tagged 20 ——————————->>> port out menuju switch Catalyst Cisco 2950/60 vlan 2 name “VLAN2” untagged 2 2. Cisco Catalyst 2950/60 Berikut konfigurasi mode TRUNK untuk VLA di Cisco Catalst 2950/60 adalah sebagai berikut : interface fa0/21 ————————————–>>> port in untuk MODE TRUNK description “Test-kasamamori VLAN” switchport mode trunk switchport trunk native vlan2 switchport trunk allowed vlan 20 —————->>> VLAN yang akan dilewatkan interface fa0/24 —————————————>>> port output untuk MODE ACCESS menuju LAPTOP description access switchport access vlan 20 ————————–>>> VLAN yang akan dilewatkan switchport mode access Catatan : 1. Di konfigurasi switch HP Pro-Curve tidak mengenal namanya MODE TRUNK maupun MODE ACCES, di HP Pro-Curve hanya mengenal namanya TAGGED dan UNTAGGED. 2. Di Switch HP Pro-Curve mempunyai keterbatasan untuk jumlah VLAN, jumlah VLAN khususnya HP Pro-Curve 2610 hanya 8 VLAN saja yang bisa di create, beda dengan Cisco catalyst 2950/60 bisa membuat banyak VLAN. Ditulis Oleh : Samada-angi Sumber : kasamamori.staff.umm.ac.id

Masalah tidak bisa insert serial number vm-ware di ubuntu, xubuntu dan kubuntu

Oke, males harus install dan uninstall VM-ware di Xubuntu 13.10 (saucy salamander) alpha ku, gara-gara mau insert serial number, tidak mau muncul box serial numbernya, coba-coba search di om google, ketemu dah caranya, sedikit mau saya share nih, ntar kalo ada yang mungkin ngalamin hal yang srupa dengan yang saya alamin, seblumnya saya tampilakan VM-warenya saya.
Nah pas diklik di bagian Enter Licensi Key box serial number yang seharusnya muncul tapi tidak mau muncul, akhirnya setelah menemukan referensinya coba-coba saya ikutin caranya, yaitu : 1. Setelah VM-ware di install, dan posisi kita sudah sebagai root, coba ikutin printah berikut : root@kasamamori:/home/kasamamori/Downloads# /usr/lib/vmware/bin/vmware-vmx –new-sn 0F23V-4D38L-9ZQ38-2K37H-83C50 (Serial number VM-ware)
2. Tekan enter, kemudian keluar dari VM-ware kemudian buka kembali VM-warenya 3. Cek Kembali serial numbernya, penampakannya seperti berikut : VM-ware sebelum di insertkan licensinya, terlihat tanda bintang bertuliskan enter the licensi key.
VM-ware setelah di insertkan licensinya, terlihat sudah tidak ada tanda bintang bertuliskan enter the licensi key.
Sumber : askubuntu.com , kasamamori.staff.umm.ac.id
Ditulis Oleh : Samada-angi

Cara Hilangkan Notification "WINDOWS GENUINE" alias Bajakannya sudah Kedetect

Hm......dah beberapa hari ini si Kompi muncul notification dari yang empunnya yang punya jendela alias Windows, kadang mangkel juga sih, soalnya kadang lagi asyik main game gitu eh tiba-tiba muncul notificationsnya malah ganggu lagi.



Langsung deh menuju mbah google nyari langsung caranya hapusin tuh notifications langsung deh ketemu, nih saya share cara ngilanginnya. Oke langsung aja menuju depan kompinya masuk ke mode windows normal. Ikutin langkah-langkahnya oke....pengalaman sendiri nih.

1. Setelah si kompi masuk ke windows langsung deh akan di suguhin dengan box notification pilihan antara resolve now dan remind me later. Setelah masuk ke mode windows normal Ctrl+ALt+Del untuk memunculkan Task Managernya, pilih proses lihat di box task manager "WgaTray.exe" langsung di klik kanan pilih end proses setelah itu di restart.

2. Setelah komputer di restart masuk ke safemode Untuk menghapus "WgaTray" file yang ada di drive C:\\Windows\System32 delete file "WgaTray.exe"
JIka tidak bisa didelete diganti aja namanya, kebetulan saya nih ga bisa didelete saya ganti aja namanya tampilannya kayak gini nih.
3. Setelah dihapus file yang disebutkan diatas, masuk ke regedit dan masuk ke dalam folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\Current Version\Winlogon\Notify\Wgalogon hapus semua file yang ada di folder Wgalogon nya atau langsung aja hapus folder Wgalogon nya.
Kebetulan nih screenshotnya sesudah berhasil penghapusan notificationnya, makanya tidak ada folder wgalogon nya.
4. Setelah itu restart komputernya, nih saya kasih lihat tampilan si jendela setelah dihapus notificationnya.

Demikian aja deh sharingnya, moga-moga bermanfaat oke...

Ditulis Oleh : Samada-angi, Disadur dari: mydigitallife

Cara tingkatkan Pagerank Google

Siapa yang tidak mau pagerank google-nya naik alias meningkat? Di postingan kali ini kita tidak akan membahas apa itu Google pagerank, karena saya yakin teman-teman yang baca ini sudah pada tahu semua apa itu yang namanya Google PR. Youpz kembali ke judul postingan kali ini...

Cara Cepat Update PageRank Google sangatlah gampang, Yang perlu teman-teman lakukan adalah meletakkan link-link berikut ini di blog atau artikel/postingannya teman-teman:

1. dianarikasari
2. indonesiamatters
3. Islam Dinul Haq
4. Blog Haeyki Sirius
5. Hukmul Islam
6. Kolom-tutorial
7. rahard
8. Software Gratis
9. T4 Belajar Blogger
10.Samada-angi

Tapi ingat, sebelum teman-teman meletakkan link diatas, teman-teman harus menghapus peserta nomor 1 dari daftar. Sehingga semua peserta naik 1 level. Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, dst. Kemudian masukkan link teman-teman sendiri di bagian paling bawah (nomor 10).
Jika tiap peserta mampu mengajak 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan didapat adalah :

Ketika posisi tman2 10, jumlah backlink = 1
Posisi 9, jml backlink = 5
Posisi 8, jml backlink = 25
Posisi 7, jml backlink = 125
Posisi 6, jml backlink = 625
Posisi 5, jml backlink = 3,125
Posisi 4, jml backlink = 15,625
Posisi 3, jml backlink = 78,125
Posisi 2, jml backlink = 390,625
Posisi 1, jml backlink = 1,953,125


Dan semuanya menggunakan kata kunci yang tman2 inginkan. Dari sisi SEO teman-temn sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung web para downline tman2 mengklik link itu, juga membuat blog tman2 mendapatkan trafik tambahan.

Nah, silahkan copy-paste artikel ini, dan hilangkan peserta nomor 1 lalu tambahkan link blog/website teman-teman di posisi 10. Ingat, teman-teman harus mulai dari posisi 10 agar hasilnya maksimal. Karena jika tman2 tiba2 di posisi 1, maka link tman2 akan hilang begitu ada yang masuk ke posisi 10. GoOd LuCk~

Ditulis Oleh : Samada-angi, Disadur dari: t4belajarblogger